BUKA UJI KOMPETENSI WARTAWAN, BUPATI AJAK PWI TINGKATKAN SINERGITAS

by

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si membuka uji kompetensi wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (2/12/2021) bertempat di R. Pertemuan Setda.

Amir Mahmud NS Ketua PWI Jawa Tengah dalam laporannya menyampaikan uji kompetensi wartawan (UKW) ini merupakan salah satu langkah bagi wartawan untuk membangun kesadaran diri.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Bupati dan jajaran SKK Migas serta seluruh stakeholder atas terselenggaranya uji kompetensi wartawan ini. Ini wujud kita, para wartawan mempunyai kesadaran untuk membangun kompetensi diri dan meningkatkan kapasitas dan tanggung jawab sosial,”ucapnya.

“Uji kompetensi ini juga merupakan rekonstruksi terhadap penghayatan pekerjaan kita sehari – hari. Ijin menyampaikan kepada Bapak Bupati bahwasanya uji kompetensi wartawan ini diikuti oleh 24 wartawan yang terbagi dalam 3 kelompok muda dan 1 kelompok madya dan berlangsung selama dua hari. Pesan saya untuk teman-teman wartawan di Blora gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya produk yang dikeluarkan oleh teman-teman menunjukkan bahwa teman – teman adalah wartawan yang profesional. Uji kompetensi ini adalah medan untuk mencapai hal itu ,”lanjutnya.

Sementara itu, Perwakilan SKK Migas Kepala Perwakilan SKK Migas yang diwakili oleh Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Wahyudono menyampaikan siap memberikan dukungan dan bersinergi dengan wartawan.

“Apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah menjembatani pelaksanaan uji kompetensi teman-teman wartawan di Blora. Ini bukan yang pertama kali SKK Migas memberikan dukungan bagi teman-teman wartawan melalui PWI, dan kami siap untuk senantiasa bersinergi. Harapan kami, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keprofesionalisme para wartawan sesuai dengan kode etik jurnalistik,”kata Wahyudono.

Pengurus PWI Pusat, Hendro Basuki dalam kesempatan ini menyampaikan pesan kepada para peserta uji kompetensi untuk meneruskan sejarah Blora sebagai pencetak tokoh pers dan penulis-penulis besar.

“Kota Blora ini merupakan kota kecil tetapi menelorkan tokoh-tokoh pers yang sangat hebat, penulis – penulis besar. Salah satunya Pramoedya Ananta Toer. Masa lalu Blora yang sedemikian hebat ini semoga menular ke para peserta uji kompetensi ini untuk memicu semangat teman-teman wartawan mengikuti jejak sejarah Blora sebagai pencetak tokoh pers dan penulis besar. Manfaatkan media anda untik berkarya dibidang jurnalistik secara benar dan baik,”pesan Hendro.

Bupati Arief dalam sambutannya pembukaan uji kompetensi wartawan mengajak kepada para wartawan untuk bersama – sama pemerintah memberitakan hal – hal yang direncanakan ataupun sudah dilaksanakan oleh pemerintah.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya uji kompetensi wartawan ini. Semoga dengan mengikuti uji kompetensi ini, kemampuan teman-teman wartawan semakin meningkat dan saya minta bersama -sama dengan pemerintah, teman-teman wartawan khususnya yang dari Blora ini memberitakan hal – hal yang direncanakan ataupun yang sudah dilaksanakan agar masyarakat mengetahuinya,”harapnya.

Bupati Arief juga menegaskan bahwa pemerintah saat ini tidak anti kritik dan berkomitmen bersama – sama dengan para wartawan mewujudkan Blora lebih baik.

“Alhamdulillah hubungan para wartawan dengan pemerintah sangat baik dan kami membutuhkan wartawan dalam menyampaikan informasi pelayanan, keterbukaan penyelenggaraan, termasuk kinerja. Saya mengajak para wartawan mari sesarengan mewujudkan Blora lebih baik,”pungkasnya.

Uji kompetensi wartawan dibuka oleh Bupati Arief dengan ditandai pengucapan “Bismillahirrohmanirrohim”.

Kegiatan yang didukung oleh SKK Migas Jabanusa, Saka PGN, Pertamina EP, Pertamina PHE Randugunting, EMCL, dan juga HISWANA Migas Pati.

Pembukaan uji kompetensi wartawan inj dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Kab. Blora. Sementara Kepala Dinkominfo, Kepala BPPKAD, Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Kesehatan hadir sekaligus menjadi narasumber kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *